PENGGUNAAN FUNGSI
Fungsi
/ Function adalah satu blok kode yang melakukan tugas tertentu atau satu blok
instruksi yang di eksekusi ketika dipanggil dari bagian lain dalam suatu
program.
Tujuan dari adanya fungsi
:
·
Memudahkan dalam pembuatan
program.
·
Menghemat ukuran program.
ciri-ciri fungsi tanpa nilai balik
o
Tidak adanya keyword return
o
Tidak adanya tipe data di dalam
deklarasi fungsi
o
Menggunakan keyword void
o
Tidak dapat langsung ditampilkan
hasilnya
o
Tidak memiliki nilai kembalian fungsi
o
Keyword void juga digunakan jika suatu
function tidak mengandung suatu parameter apapun.
Keuntungan memakai fungsi adalah
sebagai berikut :
ü Menguraikan tugas pemrograman rumit menjadi
langkah-langkah yang lebih sederhana atau kecil.
ü Mengurangi duplikasi kode (kode yang sama ditulis
berulang-ulang) dalam program.
ü Dapat menggunakan kode yang ditulis dalam berbagai
program yang berbeda.
ü Memecah program besar menjadi kecil sehingga dapat
dikerjakan oleh programmer-programmer atau dipecah menjadi beberapa tahap
sehingga mempermudah pengerjaan dalam sebuah projek
ü Menyembunyikan informasi dari user sehingga mencegah
adanya perbuatan iseng seperti memodifikasi atau mengubah program yang kita
buat
ü Meningkatkan kemampuan pelacakan kesalahan, jika
terjadi suatu kesalahan kita tinggal mencari fungsi yang bersangkutan saja dan
tak perlu mencari kesalahan tersebut di seluruh program.
Jenis-jenis fungsi pada bahasa pemrograman C++ adalah
sebagai berikut :
A. Void(Fungi
tanpa nilai balik)
Fungsi
yang void sering disebut juga prosedur. Disebut void karena fungsi tersebut
tidak mengembalikan suatu nilai keluaran yang didapat dari hasil proses fungsi
tersebut.
B. NonVoid(Fungsi
dengan nilai balik)
Fungsi
non-void disebut juga function. Disebut non-void karena mengembalikan nilai
kembalian yang berasal dari keluaran hasil proses function tersebut.
Antarmuka Pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara
pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat
menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada
pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai
ditemukan suatu solusi.
Tujuan
dari antar muka pengguna (user interface) adalah pengoperasian dan
kontrol mesin yang efektif, dan umpan balik dari mesin yang membantu operator
dalam membuat keputusan operasional.
Karakteristik
dari Graphical User Interface (GUI)
Karakteristik
|
Penjelasan
|
Window
|
Beberapa window bisa
tampilkan informasi – informasi berbeda sekaligus pada layar.
|
Icon
|
Mewakili informasi yang berbeda
seperti icon untuk file, icon folder atau icon untuk program tertentu
|
Menu
|
Menawarkan perintah – perintah
yang disusun dalam menu tanpa harus mengetik
|
Pointing
|
Alat petunjuk seperti mouse untuk memilih
pilihan pada layar.
|
Graphic
|
Gambar yang bisa dicampur dengan
teks pada display yang sama untuk menyajikan informasi.
|
Prinsip-prinsip
dari merancang sebuah User Interface sebagai berikut :
ü User familiarity / Mudah dikenali
ü
Consistency / “selalu begitu”
ü
Minimal
surprise / Tidak buat kaget user
ü
Recoverability/pemulihan
ü
User
guidance / bantuan
ü
User
diversity /keberagaman
Perbedaan
dari prinsip User
familiarity dan Minimal
surprise
· User
familiarity / Mudah dikenali : gunakan
istilah, konsep dan kebiasaan user bukan computer (misal: sistem
perkantoran gunakan istilah letters, documents, folders bukandirectories,
file, identifiers. — jenis document open office.
· Minimal
surprise / Tidak buat kaget user :
Operasi bisa diduga prosesnya berdasarkan perintah yang disediakan.
Comments
Post a Comment