Skip to main content

PEMROGRAMAN DASAR

PENGGUNAAN FUNGSI




Fungsi / Function adalah satu blok kode yang melakukan tugas tertentu atau satu blok instruksi yang di eksekusi ketika dipanggil dari bagian lain dalam suatu program.
Tujuan dari adanya fungsi : 
·         Memudahkan dalam pembuatan program.
·         Menghemat ukuran program.
ciri-ciri fungsi tanpa nilai balik
o   Tidak adanya keyword return
o   Tidak adanya tipe data di dalam deklarasi fungsi
o   Menggunakan keyword void
o   Tidak dapat langsung ditampilkan hasilnya
o   Tidak memiliki nilai kembalian fungsi
o   Keyword void juga digunakan jika suatu function tidak mengandung suatu parameter apapun.
Keuntungan memakai fungsi adalah sebagai berikut :
ü  Menguraikan tugas pemrograman rumit menjadi langkah-langkah yang lebih sederhana atau kecil.
ü  Mengurangi duplikasi kode (kode yang sama ditulis berulang-ulang) dalam program.
ü  Dapat menggunakan kode yang ditulis dalam berbagai program yang berbeda.
ü  Memecah program besar menjadi kecil sehingga dapat dikerjakan oleh programmer-programmer atau dipecah menjadi beberapa tahap sehingga mempermudah pengerjaan dalam sebuah projek
ü  Menyembunyikan informasi dari user sehingga mencegah adanya perbuatan iseng seperti memodifikasi atau mengubah program yang kita buat
ü  Meningkatkan kemampuan pelacakan kesalahan, jika terjadi suatu kesalahan kita tinggal mencari fungsi yang bersangkutan saja dan tak perlu mencari kesalahan tersebut di seluruh program.
Jenis-jenis fungsi pada bahasa pemrograman C++ adalah sebagai berikut :
A.    Void(Fungi tanpa nilai balik)
Fungsi yang void sering disebut juga prosedur. Disebut void karena fungsi tersebut tidak mengembalikan suatu nilai keluaran yang didapat dari hasil proses fungsi tersebut.
B.     NonVoid(Fungsi dengan nilai balik)
Fungsi non-void disebut juga function. Disebut non-void karena mengembalikan nilai kembalian yang berasal dari keluaran hasil proses function tersebut.

Pembuatan Antar Muka (User Intreface) Pada Aplikasi



Antarmuka Pemakai (User Interface)  merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
Tujuan dari antar muka pengguna (user interface) adalah pengoperasian dan kontrol mesin yang efektif, dan umpan balik dari mesin yang membantu operator dalam membuat keputusan operasional.
Karakteristik dari Graphical User Interface (GUI)
Karakteristik
Penjelasan
Window
Beberapa window bisa  tampilkan informasi – informasi berbeda sekaligus pada layar.
Icon
Mewakili informasi yang berbeda seperti icon untuk file, icon folder atau icon untuk program tertentu
Menu
Menawarkan perintah – perintah yang disusun dalam menu tanpa harus mengetik
Pointing
Alat petunjuk seperti mouse untuk memilih pilihan pada layar.
Graphic
Gambar yang bisa dicampur dengan teks pada display yang sama untuk menyajikan informasi.

Prinsip-prinsip dari merancang sebuah User Interface sebagai berikut :
ü  User familiarity / Mudah dikenali
ü  Consistency / “selalu begitu”
ü  Minimal surprise / Tidak buat kaget user
ü  Recoverability/pemulihan
ü  User guidance / bantuan
ü  User diversity /keberagaman

Perbedaan dari prinsip User familiarity dan Minimal surprise
·        User familiarity / Mudah dikenali : gunakan istilah, konsep dan kebiasaan user bukan computer (misal: sistem perkantoran gunakan istilah letters, documents, folders bukandirectories, file, identifiers. — jenis document open office.
·      Minimal surprise / Tidak buat kaget user : Operasi bisa diduga prosesnya berdasarkan perintah yang disediakan.




Comments

Popular posts from this blog

PEMBELAJARAN KOLABORATIF DARING ( KELAS MAYA )

PEMBELAJARAN KOLABORATIF DARING ( KELAS MAYA ) Kelas Maya  adalah kelas yang diadakan tanpa tatap muka secara langsung antara pengajar dan yang menerima bahan ajar. Kelas virtual berhubungan langsung dengan internet. Dimana pengajar menyediakan sebuah forum kepada para penerima bahan ajar dan melakukan diskusi seperti kegiatan belajar mengajar dikelas. Perbedaan antara kelas maya dengan kelas biasa  adalah adanya pembatasan berkomunikasi. Dalam kelas maya dapat diketahui kemajuan proses belajar, yang dapat dipantau baik oleh guru, siswa maupun orang tua. Selain digunakan untuk proses pendidikan jarak jauh, system tersebut juga dapat digunakan sebagai penunjang kelas tatap muka. Jenis – Jenis Kelas Maya 1. Learning Management System (LMS) Learning Management System adalah perangkat lunak atau software yang dgunakan untuk keperluan administrasi, dokumentasi, laporan kegiatan belajar mengajar dan kegiatan secara online (terhubung ke internet), E-learning dan mate

KEWARGAAN DIGITAL

Warga digital adalah orang yang sadar tentang hal yang baik dan hal yang kurang / tidak baik, menunjukkan kecerdasan perilaku teknologi, dan membuat pilihan yang tepat ketika menggunakan teknologi. Warga digital merupakan individu yang memanfaatkan TI untuk membangun komunitas, bekerja, dan berekreasi. Warga digital secara umum telah memiliki pengetahuan dan kemampuan mengoperasikan TI untuk berkomunikasi maupun mengekspresikan sebuah idé atau gagasan. Contohnya bermain facebook, menulis blog, mencari informasi di forum, dan lain-lain. Sama halnya dengan warga dunia nyata, semua warga digital memiliki kewajiban untuk menjaga etiket dan norma, serta memiliki rasa tanggung jawab dalam berperilaku di dunia maya. Kewargaan digital dapat didefinisikan sebagai norma perilaku yang tepat dan bertanggung jawab terkait dengan penggunaan teknologi. Kewargaan digital adalah konsep yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dunia maya denga

Konsep Pembuatan Video Pra Produksi (Sinopsis, Naskah dan StoryBoard)

Di era digital saat ini banyak menuntut konten lebih dari sekedar teks atau hanya grafik saja. Konsep video berfungsi sebagai media komunikasi dalam menyampaikan gagasan yang lebih menarik. Konten yang disampaikan dalam sebuah video haruslah sederhana dan mudah dimengerti oleh penggunanya. Karena manusia sebagai makhluk visual, maka akan lebih mudah mengerti dan mendapatkan informasi melihat sesuatu yang hidup, bergerak dan bersuara. Untuk itu diperlukan sebuah presentasi dalam bentuk video dimana terdapat gambar bergerak sekaligus suara yang diperlukan Proses dalam pembuatan video itu sendiri dimulai dari pencarian ide, membuat sinopsis, membuat naskah, shooting, produksi dan pasca produksi. Namun pembahasan kita kali ini adalah pembuatan video presentasi Pra Produksi. Yaitu membedakan apa itu sinopsis, bagaimana membuat naskah dan storyboard. 1.     Sinopsis Sinopsis adalah alur cerita secara singkat. Sinopsis dijelaskan dalam tulisan singkat sehingga penonton mampu

Contact